.

Sabtu, 19 Mei 2012

PERTANYAAN SEPUTAR BUAH NONI

Apakah jus noni aman dikonsumsi? 
Ya, jus noni telah dikonsumsi oleh ratusanribu orang di seluruh dunia selamaribuan tahun. Segala lapisan usia,termasuk wanita hamil (disarankan diatas 5 bulan) dan menyusui,dan telah terbukti memberikan manfaatpositif bagi kesehatan.


Apakah baik bagi saya minum jus noni berbarengan dengan minum obat lain? 
Sebaiknya konsumsi jus noni tidak bersamaandengan obat-obatan farmasi,sebab dikhawatirkan akan saling menetralkan,sehingga masing-masing tidak memberikan khasiat pengobatan. Beri selang waktu 30 menit s/d 2 jam.


Dosis idealnya mengonsumsi noni?
Setiap orang sebagai individu mempunyaikebutuhan fisik yang berbeda, karena metabolisme dalam tubuh tiaporang berbeda. Usia, tingkat kesehatan, aktivitas, pola hidup, pola makandan kondisi stres mempengaruhi sistem metabolisme dalam tubuh tiap orang.
Meskipun demikian, secara umum bagi orang yang sehat, konsumsi jus nonicukup 30 ml dua kalisehari, sedangkan bagi yang sedangkurang sehat atau menderita suatu penyakit,dapat diketahui kebutuhan nonisetelah mencobanya dalam satu bulanpertama.


Bolehkah mengonsumsi jus noni secaraberlebihan? 
Noni berfungsi sebagai penghilangracun-racun dalam tubuh, dan proses detoksifikasi ini sebaiknya berlangsungsecara bertahap, dan perlahan. Mengonsumsijus noni sebaiknya dilakukansecukupnya dan tidak berlebih.Sebaiknya konsumsi jus noni juga dilakukansecara teratur dan kontinyu. 
Jus noni memiliki kandungan yang spesialdibandingkan dengan jus buah lainnya, sehingga cukup 30 ml sekali minum.Seorang Jepang penderita kanker kerongkonganstadium tiga, mendapatkansolusi dari sakitnya dengan mengonsumsijus noni sebanyak 200 ml sehariselama 1 tahun. Namun konsumsi 200ml tidak ia lakukan sekali teguk, melainkan6-7 kali, masing-masing 30 ml.


Efek samping dari jus noni?
Berbeda dengan obat farmasi dipasaranyang memiliki efek samping, jus noni tidak memiliki efek samping. Jus nonitermasuk minuman jus buah alami yang sudah dikonsumsi sebagai obat tradisionalselama ribuan tahun, jadi tidak ada efek samping. Namun bagi penderita penderitagagal ginjal, sebaiknya konsultasikankepada dokter terlebih dahulu.


Berapa lama manfaat pengobatan darinoni?
Beberapa orang merasakannya secaracepat, ada juga yang berproses lama.Semua tergantung dari berat dan ringannyapenyakit yang diderita. Penderita migren mungkin hanya memerlukan waktu sebentar saja.Berbeda dengan penderita kanker yang baru bisa merasakanefeknya dalam waktu lama. Namunsecara umum, dalam jangka waktu 3 bulan, pengonsumsi sudah bisa merasakanperbaikan positif di tubuhnya.


Senyawa bioaktif yang terkandung pada noni tidak rusak selama pengolahan?
Pengolahan dengan panas yang tinggidan dalam waktu yang lama, akan merusakkandungan bioaktif penting dalamnoni, sehingga harus dihindarkan.Buah noni yang diolah dengan prosespanas tinggi seperti saat pengeringan akan merusak senyawa antioksidan danenzimnya.


Pengaruh kepekatan jus noni dalam pengobatan?
Jus noni yang baik diperoleh dari ekstraksari buah noni tanpa penambahan air. Itulah sebabnya harga jus noni dipasaran sangat bervariasi.



Perlukan anak-anak mengonsumsi jusnoni?
Anak sehat sampai usia 5 tahun tidakperlu mengonsumsi jus noni, karena sistem kekebalannya masih baik.Sistem kekebalan manusia berkurang seiring dengan penambahan usia. Namununtuk anak-anak di atas 5 tahun boleh saja diberi jus noni dengan dosis satu sendok teh sehari.



Apakah jus noni hanya diminum? Bagaimanakalau untuk obat luar?
Memborehkan atau mengoleskan jusnoni ke kulit terutama wajah yang berjerawatatau panu, bisa sangat efektifuntuk kembali memuluskan kulit.Bagian tubuh yang meras pegal jugabisa dikompres dengan jus noni, jadi mengonsumsi dibarengi dengan pengobatanluar juga sangat efektif. Selain itu, jus noni juga bisa menghilangkanbau nafas yang tidak sedap, infeksi gusi, sariawan, sakit gigi, dan radangtenggorokan dengan cara berkumur.



Beda suplemen seperti vitamin dan mineraldengan jus noni dan kaplet noni?
Suplemen dibutuhkan oleh orang yangpola makannya salah, kurang mengonsumsibuah dan sayur, atau kurang nafsumakan, menderita sakit dalam waktulama maupun sembuh pasca sakit.Kandungan vitamin dan mineral yangada pada buah dalam suplemen adalahsintetis, jadi melibatkan proses kimia.Penyerapan tubuhpun berbeda denganmengonsumsi sayur atau buah alami.Jus noni adalah buah, maka kandunganvitamin dan mineralnya alami dan mudah diserap tubuh. Tapi faktor pengolahanjus buah alami yang tepat adalah tidak merusak enzim, vitamin danmineral pada buah yang diolah, sepertijus noni. Oleh karena itu harga suplemenbuah alami, sayur maupun rempahtidak murah, sebagai konsekuensi dariproses pengolahan yang melibatkantekhnologi Freeze Drying.



Bagaimana noni bisa menjadi solusimasalah kesehatan?
Noni memiliki sifat meningkatkan kesehatanspesifik. Salah sati sifatnya adalah adaptogen atau membantu tubuhberadaptasi terhadap masalah yangmelalui proses biokimiawi dalam tubuh.Riset membuktikan bahwa noni membantu melawan penyakit ditingkat seluler,membantu sel yang sakit kembaliberfungsi normal, diantaranya denganmeningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki kerusakan (mutasi)DNA dan mencegah terjadinya mutasiDNA baik oleh radikal bebas maupunsenyawa kimia yang mutagen dan karsinogen.



Bagaimana dengan kemurnian jus noni? 
Beberapa produsen jus noni rumahan atau industri kecil, sering melalaikan teknologi pengolahan yang jauh dari benardan tepat. Karenanya mutu jus yang dihasilkan dipasaran sangatlah bervariasi.Industri kecil dengan investasi
untuk peralatan proses yang sederhanadikhawatirkan menggunakan pengepresanyang tidak stainless steel, sehinggakemungkinan logam terlarut dalam jusnoni bisa terjadi, mengingat buah nonidi jaman nenek moyang kita juga digunakanuntuk mencuci keris.

APA MANFAAT NONI?

Di Indonesia, sejak beberapa ribu tahunyang lalu, Noni dipakai sebagai tumbuhanuntuk obat. Tumbuhan ini disebarluaskanoleh masyarakat pelaut sertapara pedagang ke daerah tropis lainnya.Melalui pengalaman klinis selama bertahun-tahun dapat dikatakan bahwatumbuhan ini sangat bermanfaat dan tidak memiliki efek samping terhadaptubuh, jika dikonsumsi.


Noni bermanfaatterhadap penyakit-penyakitsebagai berikut ini


  • Tekanan Darah Tinggi
  • Penyakit kencing manis
  • Penyakit liver
  • Batuk
  • Sembelit
  • Gejala infeksi pencernaan
  • Sulit buang air bsar
  • Penyakit kulit
  • Kelelahan
  • Beri-beri
  • Perawatan rambut
  • Dan lain-lain






0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes Redesign by MungBisnis